PRODI D3 KEPERAWATAN ADAKAN LOMBA POSTER PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ONLINE BERSKALA NASIONAL

Selasa, 15 November 2022 21:04 WIB   D3 Keperawatan

Untuk pertama kali, Prodi D3 Keperawatan Direktorat Pendidikan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan lomba poster tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) berskala nasional dengan target peserta adalah siswa/I SMA/SMK/MA se-Indonesia. Meski dikemas secara online, antusiasme peserta tidak kalah menarik. Peserta yang terjaring mengikuti lomba ini ada yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan hingga Sumatra.

Pola hidup bersih dan sehat merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting saat ini, tingginya kasus covid-19 mewajibkan bagi setiap lapisan masyarakat untuk membiasakan protokol kesehatan secara dini. Berdasarkan latar belakang inilah, maka Tim panitia dari Prodi D3 Keperawatan mengadakan even bertajuk kesehatan ini dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa/i dalam menjaga kebersihan, melakukan cuci tangan, mengkonsumsi jajanan dan makanan yg sehat, menghindari merokok, minuman keras dan narkoba, serta menghindari perilaku menyimpang lainnya yang mungkin bisa terjadi pada remaja.

Teknis pelaksanaan lomba terbagi menjadi 3 tahap, yaitu sesi pendaftaran (mulai tanggal 30 September-31 Oktober 2022), seleksi poster (tanggal 01-07 November 2022), dan terakhir adalah sesi presentasi oleh semua peserta sekaligus pengumuman pemenang pada tanggal 15 November 2022. Pemenang yang diambil adalah juara 1, juara 2 dan juara 3. Hadiah yang didapat adalah trophy, sertifikat dan uang tunai dengan teknis hadiah akan dikirimkan ke masing-masing juara di sekolah masing-masing.

Meskipun ada beberapa kendala yang terjadi, tetapi kesuksesan acara ini menjadi evaluasi bagi panitia untuk perlu mengadakan kembali even-even lomba serupa, yang mungkin bisa dikemas secara luring (offline). Terutama lomba yg mengukur dan meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Sehingga minat belajar siswa siswi bisa ditingkatkan, terutama minat terhadap dunia keperawatan khususnya dan dunia kesehatan pada umumnya.

Shared: