D3 Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Malang
D3 Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Malang

Visi, Misi dan Tujuan

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN

Visi :
Menjadi Program Diploma III Keperawatan yang terkemuka dan berkeunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan keperawatan berbasis komunitas berdasarkan nilai-nilai islam.

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1)    Program Studi Terkemuka merupakan cita-cita atau keinginan dari prodi untuk senantiasa menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif melaui perbaikan perbaikan hasil karya yang konsisten dan berkesinambungan di bidang keperawatan sehingga menjadi prodi yang memiliki keunggulan kompetetif dan komparatif.

2)    Program Studi Berkeunggulan adalah prodi yang mempunyai kelebihan dalam ilmu maupun keterampilan keperawatan bidang keperawatan komunitas. Mampu bersaing secara sehat dengan institusi pendidikan lain dalam menghasilkan lulusan yang kompetitif di dunia kerja.

3)    Keperawatan berbasis komunitas, kurikulum, penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis komunitas.

4)    Nilai-nilai Islam merupakan bagian dari nilai material yang terwujud dalam kenyataan pengalaman rohani dan jasmani. Nilai-nilai Islam merupakan tingkatan integritas kepribadian yang mencapai tingkat budi (insan kamil). Nilai-nilai Islam bersifat mutlak kebenarannya, universal dan suci. Kebenaran dan kebaikan agama mengatasi rasio, perasaan, keinginan, nafsu-nafsu manusiawi dan mampu melampaui subyektifitas golongan, ras, bangsa, dan stratifikasi sosial. Dengan norma-norma dan kaidah Islam sebagai agama dan Islam sebagai tatanan.

Misi :

  1.  Menyelenggarakan pendidikan program studi yang bermutu
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkeunggulan khususnya di bidang keperawatan komunitas
  3. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah dan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu mengamalkan kebaikan berkehidupan bermasyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan keperawatan dan kelembagaan dengan berbagai pihak.
Tujuan :
Tujuan Program Diploma III Keperawatan UMM adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi sebagai berikut:
  1. Menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan Keperawatan yang berkeunggulan dibidang keperawatan komunitas.

  2. Mengaplikasikan asuhan keperawatan yang mandiri dan komprehensif.

  3. Mempunyai sikap dan perilaku sebagai perawat yang islami.

  4. Memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

  5. Memiliki kemampuan menjalin kerjasama/kolaborasi (teamwork) dengan pihak lain guna membantu individu, keluarga dan masyarakat.

Shared: