Pengusaha Vokasi UMM Mengungkap Cara Menghasilkan Uang Sejak Muda

Kamis, 14 September 2023 21:54 WIB   D3 Keperawatan

Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang melakukan berbagai upaya untuk membuat siswanya tidak hanya belajar tetapi juga menjadi pengusaha.

Sejak mahasiswa mulai kuliah, penanaman karakter entrepreneurship sangat penting. Kamis, 14 September 2023, adalah pekan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) 2023. Vokasi UMM memungkinkan pengusaha untuk berbicara dengan mahasiswa secara langsung.

Salah satunya datang dari Suyono, S.AB.,M.M., yang telah sukses dalam bisnis restoran waralaba multinasional selama 16 tahun. Sejak menjadi dosen praktisi di UMM, Suyono telah memberikan beberapa nasihat kewirausahaan.

Menurut Suyono, memulai suatu usaha harus dimulai dengan niat dan keberanian untuk mengambil risiko. Semua pengusaha di dunia kewirausahaan biasa mengambil risiko.

Kelihatannya menyenangkan dan sukses, tetapi jangan hanya melihat kenikmatannya. Menurutnya, risiko itu harus diambil karena kesuksesan mereka sekarang pasti memerlukan proses yang panjang dan usaha.

Menurut Suyono, setelah Anda merasa yakin, Anda harus mulai menggali dan mempelajari semua potensi yang ada di dalam Anda dan di sekitar Anda. Untuk saat ini, lakukan usaha kecil. Tidak mudah untuk bertahan dalam bisnis skala besar atau konvensional.

Memikirkan modal harus menjadi bagian dari pikiran yang besar. Kembangkan usaha kecil, seperti hobi Anda, dan sesuaikannya dengan lingkungan yang sudah kamu kenal. Itu harus kreatif. Dia mengatakan, "Setelah berjalan, mulai kembangkan dengan skala lebih tinggi secara bertahap."

Setelah itu, wirausahawan sejati tahu betapa pentingnya menjaga hubungan dalam suatu bisnis, karena itu diperlukan keterampilan komunikasi. Jika Anda terus menjadi orang yang tertutup, akan sulit untuk berkembang. Menurutnya, setiap bisnis pada dasarnya berhubungan.

Suyono menyatakan bahwa kualitas seorang wirausahawan dibentuk oleh komunikasi. karena dia akan tetap adaptif dalam situasi apa pun. “Jadi, jangan berdiam diri, tingkatkan kemampuan Anda dengan menjalin hubungan,” katanya.

Terakhir, Suyono mengingatkan para calon pengusaha di Vokasi UMM untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan. Jika mereka tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, perusahaan mereka akan sulit berkembang.

Akhir kata, dia berkata, "Terlepas dari itu semua, yang paling penting adalah Action! Terus belajar dan jangan pernah puas."

Shared: