Tingkatkan Kemampuan Siswa Siswi SMA dan SMK Melalui Pelatihan Caregiver Di Prodi D3 Keperawatan

Sabtu, 27 Agustus 2022 05:52 WIB   D3 Keperawatan

Menjadi petugas kesehatan, atau pemberi pelayanan kesehatan bukanlah hal yang mudah tetapi merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Mengingat kondisi saat ini mengharuskan setiap orang terbiasa dengan  hidup sehat dan saling menjaga satu sama lain, sedangkan jumlah petugas yang ada kurang mencukup untuk mengatasi semua permasalahan kesehatan yang ada.

Prodi D3 Keperawatan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang berusaha menjembatani hal tersebut. Berlangsung 2 hari, tanggal 26-27 Agustus 2022 diadakan “Pelatihan Caregiver bagi siswa/i SMA/K sederajat se-malang raya” yang diberikan oleh Tim Dosen professional prodi D3 Keperawatan UMM. Kenapa sasaran pelatihan ini adalah siswa/i SMA/K? Selain sebagai media promosi PMB prodi D3 Keperawatan, juga karena siswa SMA/K sederajat dianggap mampu menerima, memahami dan mempraktikkan ilmu-ilmu kesehatan yang diajarkan. Mengingat banyak istilah asing dan skill-skill professional yang harus mereka terima selama pelatihan.

Apa saja materi yang mereka dapatkan selama pelatihan?

  1. Materi kegawatdaruratan
  2. Pemberian nutrisi
  3. Perawatan kateter
  4. Pemeriksaan tanda-tanda vital
  5. Tindakan bed making
  6. Ambulasi dan mobilisasi
  7. Penanganan tindakan pada area genetalia

Selama kegiatan, metode yang diberikan tidak hanya dengan ceramah, tetapi juga ada praktik skill agar siswa mampu mempraktikkan secara mandiri serta lebih memahami.   Sehingga peserta tidak jenuh dan lebih tertarik untuk belajar menjadi seorang tenaga kesehatan. Jika di awal diberikan pre-test, maka di akhir pelatihan pun diadakan post test berupa test tulis dan ujian praktek dengan metode OSCE. 

Harapannya, pelatihan serupa bisa dilaksanakan kembali secara rutin dengan menjangkau peserta yang lebih luas, dengan materi-materi tambahan yang lebih banyak disesuaikan kebutuhan tren kesehatan masa kini. Selanjutnya, semoga siswa/i mampu menyerap dengan baik ilmu yang diberikan, sehingga mereka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin, membuat mereka terinpirasi menjadi tenaga kesehatan professional di kehidupannya nanti. Salam sehat !

Shared: