Sosialisasi Peluang Kerja Pekerja Migran Indonesia ke Jepang Melalui Program G to G

Selasa, 21 Mei 2024 00:09 WIB   D3 Keperawatan

Sosialisasi peluang kerja PMI perawat ke Jepang melalui program G to G adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang program ini di kalangan pekerja migran Indonesia (PMI) yang berminat bekerja di Jepang. Program G to G adalah kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Jepang yang bertujuan untuk menempatkan PMI ke Jepang sesuai dengan kerangka Indonesian Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Dalam program ini, PMI dapat ditempatkan dalam dua sektor pekerjaan, yakni sebagai "kangoshi" (nurse) dan "kaigofukushishi" (careworker).

Dalam sosialisasi ini, informasi tentang program G to G diberikan kepada PMI yang berminat bekerja di Jepang. Informasi ini meliputi kelebihan program, seperti penawaran gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan bekerja di Indonesia, serta perlindungan yang lebih baik dan legalitas yang jelas. Selain itu, sosialisasi ini juga menekankan pentingnya prosedur yang benar dalam pendaftaran dan penempatan PMI di Jepang, serta perlindungan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia dan Jepang terhadap PMI yang bekerja di bawah program ini.

Ners Universitas Muhammadiyah Malang pada hari ini 21 Mei 2024 mengundang langsung pemateri dari BP2MI Bapak Akhmad Syihabudin (pengantar kerja ahli madya BP2MI). "Regulasi pekerja migran Indonesia yang resmi dikelola oleh pemerintah Indonesia. Sejak proses pendaftaran, pelatihan bahasa, hingga pemberangkatan semuanya diatur oleh pemerintah. Ini memastikan keamanan dan mengurangi risiko masalah" ujar pak Akhmad.

Kegiatan sosialisasi program G to G secara langsung diadakan Ners UMM di Aula Kampus 2 UMM. Mahasiswa Ners dan D3 Keperawatan yang sedang menjalankan praktik sangat antusias mengikutinya. Sejumlah 150 peserta menghadirinya yang terdiri dari mahasiswa D3 Keperawatan dan Ners UMM yang akan segera lulus dan siap kerja.

Dalam sosialisasi ini, juga ditekankan pentingnya kualifikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh PMI sebelum diterima bekerja di Jepang.

Dengan demikian, sosialisasi peluang kerja PMI perawat ke Jepang program G to G bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan PMI tentang program ini, serta memastikan bahwa PMI yang bekerja di bawah program ini memiliki kualifikasi yang sesuai dan perlindungan yang baik.

 

Shared: